Selasa, 11 Februari 2014

KARYA ILMIAH CIBADUYUT SEBAGAI SENTRAL PENJUALAN SEPATU KULIT



CIBADUYUT SEBAGAI SENTRAL PENJUALAN SEPATU KULIT

KARYA ILMIAH
DISUSUN OLEH :
KADEK DEWI KRISTINA
NIS                 : 1613
NISN                : 9950346780
KELAS            : XII IPA 1
 


 





SMA NEGERI 1 LEMPUING JAYA
KECAMATAN LEMPUING JAYA
KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
PROPINSI SUMATERA SELATAN
TAHUN PELAJARAN 2014

CIBADUYUT SEBAGAI SENTRAL PENJUALAN SEPATU KULIT

KARYA ILMIAH
DISUSUN OLEH :     


KADEK DEWI KRISTINA
NIS                 : 1613
NISN                : 9950346780
KELAS            : XII IPA 1



SMA NEGERI 1 LEMPUING JAYA
KECAMATAN LEMPUING JAYA
KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
PROPINSI SUMATERA SELATAN
TAHUN PELAJARAN 2014

                                                

Disetujui oleh :
Pembimbing I                                                                          Pembimbing II



Irnapirakusnita, S.Pd                                                  Nyayu Sopaah Fitriyanti, S.Pd
NIP : 19720807 200701 2 008                                     NIP : 19800824 200801 2 004         


Disahkan oleh :
Kepala SMA Negeri 1 Lempuing Jaya
                                                                                               

       Herzon Hadi, S.Pd
                       NIP. 19660225 199412 1 001
Kupersembahkan kepada :
Tuhan yang maha esa, atas rahmat-Nya, saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini, Ayah dan Ibu, Bapak dan Ibu guru, dan teman-teman seperjuangan.















Motto :
Jika anda tidak bisa menjadi orang pandai, jadilah orang yang baik. (Nelson Mandela)
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan baik.
Karya ilmiah ini saya susun berdasarkan internet dan hasil dari pengamatan saya sendiri. Dalam karya ilmiah ini terdapat banyak pengetahuan dan informasi yang dapat kita peroleh. Saya mengharapkan semoga karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya dan untuk diri saya sendiri paada khusunya. Saya ucapkan terima kasih pada pihak yang telah membantu saya dalam penyelesaian karya ilmiah ini sehingga karya ilmiah ini dapat diselesaikan pada waktunya.
Saya telah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaaikan karya ilmiah ini, namun saya menyadari karya ilmiah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya mengharapkan saran dan kritik dari pembaca untuk perbaikan karya ilmiah lebih lanjut.

                                                                                    Lubuk Seberuk,         Februari 2014
                                                                                                               
                                                                                                                                                Penulis











BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Tujuan pendidikan nasional adalah mecerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia beriman dan  ertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan kesehatan jasmani, dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri, serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Unutuk mencapai tujuan pendidikan tersebut ditempuh dengan beberapa cara, antara lain belajar di sekolah (intrakulikuler), belajar diluar sekolah (ekstrakulikuler) dan belajar di masyarakat (objek wisata). Itulah beberapa cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan pendidikan.
Kegiatan di sekolah hanyalah mendengar penjelasan dari guru atau membaca buku. Pelajaran tersebut hanyalah teori dan tidak memuaskan maka perlu melihat langsung sesuatu yang telah diajarkan.
Oleh karena itu saya sangat tertarik dengan pusat perbelanjaan Cibaduyut, karena di Cibaduyut terkenal dengan kerajinan sepatu kulit dan kerajinan kulit lainnya. Cibaduyut adalah satu-satunya icon kota Bandung dalam urusan kerajinan sepatu dan kerajinan kulit lainnya. Cibaduyut merupakan salah satu kelurahan di kecamatan Bujong Lowa Kidul, kota Bandung Jawa Barat Indoesia. Pusat perbelanjaan sepatu Cibaduyut adalah pasar penjualan sepatu terpanjang di dunia, dimana lokasi tersebut sentral penjualan sepatu hasil kreasi para pengrajin yang ilmu pembuatannya didapatkan secara turun-temurun pada tahun 1989 pemerintah RI meresmikan Cibaduyut ini sebagai daerah tujuan wisata.

1.2    Masalah
1.2.1 Apa keistimewaan dari pusat perbelanjaan Cibaduyut?
1.2.2 Sejak kapan Cibaduyut dijuluki sebagai penghasil sepatu kulit?
1.2.3 Apakah pengaruh pusat perbelanjaan Cibaduyut bagi masyarat Bandung?
1.3    Tujuan
1.3.1        Mengetahui keistimewaan dari pusat perbelanjaan Cibaduyut.
1.3.2        Mengetahui waktu dijulukinya Cibaduyut  sebagai penghasil sepatu kulit.
1.3.3        Mengetahui pengaruh pusat perbelanjaan Cibaduyut bagi masyarakat Bandung.



















BAB II
LANDASAN TEORI

2.1  Sejarah perkembangan Industri  Sepatu Kulit di Cibaduyut
Industri sepatu Cibaduyut bermula pada tahun 1920- an dan dirintis oleh beberapa warga setempat yang sehari-harinya bekerja pada sebuah pabrik sepatu di Kota Bandung. Pada awalnya usaha mereka hanya bersifat industri rumah tangga, namun setelah pesanan semakin banyak, usaha mereka pun mulai berkembang dan membutuhkan lebih banyak pengrajin, sehingga mereka mulai merekrut pekerja. Keterampilan membuat sepatu ini diajarkan secara turun-temurun hingga pada tahun 1940-an telah terdapat 98 pengrajin di kawasan Cibaduyut ini. Kini kawasan Cibaduyut telah dipenuhi oleh toko-toko yang tidak hanya menawarkan sepatu sebagai produknya, akan tetapi semua barang yang terbuat dari kulit seperti sepatu, sandal tas, dompet dan barang lainnya dengan kualitas bagus dan murah.

           
2.1 pengertian Sepatu
Sepatu adalah hal yang paling banyak dikoleksi oleh sebagian besar perempuan. Berbagai macam jenis sepatu keluaran terbaru yang sangat mahal akan benar-benar dibeli oleh perempuan penggila sepatu. Bukan hanya sepatu produksi luar negeri, sepatu produksi dalam negeri juga tak luput dari incaran. Seperti halnya kampung produksi sepatu Cibaduyut Bandung Jawa Barat. Di Cibaduyut Anda akan merasakan bagaimana berburu sepatu langsung dari pabriknya.

2.2 Keadaan geografis Cibaduyut
Cibaduyut merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat kerajinan sepatu dan tas di Jawa Barat yang sangat terkenal yang terletak di jalan Cibaduyut Raya, Bandung, Jawa Barat. Bisa Anda saksikan sendiri di sepanjang jalan Cibaduyut tersebut kita bisa melihat berjejeran toko-toko yang memajang dagangan dengan didominasi tas dan sepatu. Apalagi jika kita masuk ke dalamnya, maka akan ditemukan lebih banyak lagi pertokoan tas dan sepatu. Meskipun namanya pusat sepatu dan tas namun yang dijual barangnya beraneka ragam seperti jaket kulit, tas kulit, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, tas gendong. Keseluruhan barang-barang tersebut diproduksi oleh masyarakat lokal yang memang terkenal dengan kerajinan tangannya.
Industri sepatu Cibaduyut telah dikenal sejak lama. Tak hanya dikenal di Bandung, tapi juga melanglang hingga ke luar kota. Beberapa pengusaha bahkan sempat mendapat pesanan dari luar negeri. Ini menandakan kualitas sepatu Cibaduyut setara dengan produk negara lain. Hanya saja, daya tarik produk Cibaduyut tak melonjak drastis. Perkembangannya bisa dikatakan stagnan. Namun produk Cibaduyut tak lekang oleh waktu. Pengalaman memberikan pelajaran berharga. Karena pengalaman itu pula, perajin sepatu di sana sering kebanjiran order, termasuk dari kalangan produsen asal Bandung dan Jakarta. Sepatu buatan Cibaduyut sebetulnya sudah banyak dipakai berbagai kalangan. Hanya saja, jika memakai label “Made in Cibaduyut”, nyaris tak banyak peminat. Konsumen lebih menyukai sepatu dengan merek asing yang terdengar lebih trendi dan. Padahal, sepatu dengan merek terkenal kenyataannya banyak yang dibuat di sini.
Pusat sepatu dan tas Cibaduyut disebut-sebut sebagai pusat penjualan sepatu yang terpanjang di dunia. Pertama kali diresmikan pada tahun 1989 oleh Presiden Soeharto dan langsung dijadikan sebagai daerah tujuan wisata. Sampai-sampai Cibaduyut dikenal sebagai sentra kerajinan tangan yang cukup terkenal di Indonesia. Bahkan beberapa hasil kerajinannya seperti sepatu dan tas ada yang diekspor.

2.3 Akses Menuju Cibaduyut
Untuk menuju ke Cibaduyut dapat ditempuh dari pusat kota sekitar 30 menit. Di perempatan Leuwipanjang-Cibaduyut ditandai dengan patung sepatu besar sehingga memudahkan para pengunjung untuk bisa sampai ke Cibaduyut.
Patung sepatu tersebut merupakan lambang jalan Cibaduyut dan patung sepatu satu-satunya yang ada di kota Bandung. Patung sepatu Cibaduyut merupakan akses pintu masuk menuju dari jalan Cibaduyut Bandung. Untuk anda keluar kota yang ingin mengunjungi Cibaduyut bisa menggunakan akses terdekat seperti :
A. Pintu keluar tol Kopo, belok kiri ke jalan Kopo, lalu sampai di Cibaduyut
B. Pintu masuk tol Mohammad Hatta, belok kiri ke arah jalan Soekarno Hatta lalu ke  arah Terminal Leuwipanjang.

2.4 Keistimewaan Cibaduyut
Keistimewaan Cibaduyut adalah bagi anda yang ingin membeli sepatu dengan model yang anda inginkan, anda bisa melakukan pemesanan. Harganya bervariasi, mulai dari puluhan ribu saja sampai ratusan ribum rupiah, harganya juga bisa ditawar, dengan kualitas yang bagus juga. Karena memiliki kualitas yang terjamin, produk dari Cibaduyut sangat terkenal hingga ke Asia.
Selain itu, Keistimewaan dari Cibaduyut adalah  Cibaduyut memiliki letak yang sangat strategis karena berada diantara jalur masuk dan keluar kota Bandung. Sehingga membuat wisatawan lebih banyak berkunjung ke Cibaduyut. Selain itu, keunikan yang ada jika Anda berbelanja sepatu di Cibaduyut adalah disini anda akan menemukan merek sepatu yang menggunakan nama mantan wakil Presiden Indonesia yaitu JK Collection Shoes. Pemilik dari JK Collection, Adeng Sugianto, mengakui memiliki ide menggunakan nama beliau setelah beliau mengunjungi Cibaduyut. Adeng mengakui bahwa saat itu Pak JK mampir ke tokonya dan membeli sepatu buatannya. Adeng juga sudah meminta ijin beliau untuk menggunkan namanya sebagai merek sepatunya. Bahkan kawasan Cibaduyut dikenal sebagai deretan toko sepatu terpanjang di Asia.
Kelebihan pembuatan sepatu di sekitar jalan Terusan Cibaduyut adalah para pengrajinnya berani menjamin kualitas produknya. Jika terjadi kesalahan dalam produknya (ataupun rusak), produk dapat dikembalikan untuk diperbaiki. Selain itu jenis maupun banyak sepatu yang dipesan ditentukan oleh pemesan sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan. Kualitas yang baik dan keahlian pengrajin mem-produk berbagai jenis sepatu merupakan strategi usaha untuk bertahan menghadapi produk-produk saingannya.
                              
2.5 Pengaruh pusat perbelanjaan Cibaduyut bagi masyarakat Bandung
       Pengaruh pusat perbelanjaan Cibaduyut bagi masyarakat Bandung adalah dengan meningkatnya kunjungan ke Bandung pada hari libur apalagi hari libur panjang. Dimana sebagian besar menggunaan kendaraan pribadi pada gilirannya, hal itu sangat besar pengaruhnya terhadap kota Bandung, baik terhadap aktivitas bisnis dan ekonomi penduduknya maupun terhadap pengaruh lain yang mengikutinya. Dalam keadaan sulit, seorang bisa salah langkah sehingga nasibnya terpuruk. Tetapi juga bisa sebaliknya. Kesulitan telah melahirkan ide baru sehingga aktivitas usaha yang sebelumnya tidak terpikirkan. Siapa sangka pakaian jadi yang menumpuk di gudang karena tidak jadi di ekspor, ternyata masih memiliki nilai ekonomi dan menjadi ladang baru, bahkan berkat pakaian jadi yang dinamakan sisa ekspor itu.
Bandung yang sejak zaman penjajahan Belanda dikenal kota Tajen. Kini menjadi kota FO dan jalan pun bebas dari hambatan macet tersebut pada kenyataannya telah mendorong kecendrungan sebagian masyarakat memilih roda transportasi yakni dari semua menggunakan transportasi jalan baja (kereta api) beralih menjadi transportasi jalan raya. Terjadi perubahan kecendrungan ini bukan hanya berpengaruh terhadap jumlah penumpang kereta api itu semua sangat berpengaruh pada masyarakat Bandung dengan dihubungkannya jalan tol, sehingga waktu tempuh bisa separuhnya. Bahkan dengan kendaraan pribadi waktu tempuh Jakarta-Bandung atau sebaliknya hanya dua jam, itu semua sangat berpengaruh bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Bandung.
             Selain sepatukulit, di Cibaduyut juga menjual assesoris seperti tas, dompet. Harganya pun sangat terjangkau. Oleh karena itu banyak sekali pengaruh bagi masyarakat Bandung karena dapat mengurangi angka pengangguran pada masyarkat Bandung. Untuk menuju ke Cibaduyut tidak sulit. Ditandai dengan patung sepatu yang besar di depat prapatan sebelum memasuki jalan Cibaduyut Bandung, karena Bandung dengan adanya patung sepatu memudahkan untuk para pengunjung untuk bisa sampai ke Cibaduyut Bandung, karena patung sepatu merupakan lambang atau ciri khas dari jalan Cibaduyut dan patung sepatu satu-satunya yang ada di kota Bandung. Patung sepatu Cibaduyut merupakan akses pintu masuk menuju dari jalan Cibaduyut Bandung, sehingga dapat memudahkan parawisataawan dan masyarakat Bandung.

2.6 Produk daur ulang limbah kulit di Cibaduyut
Dibalik kesuksesan produk sepatu kulit yang dihasilkan Cibaduyut, usaha pengolahan sepatu ini tidak dapat lepas dari permasalahan limbah sisa pengolahan, dalam hal ini limbah kulit sepatu. Sisa-sisa serpihan kulit kulit yang tidak dapat digunakan biasanya dibuang dan bertumpuk bersama sampah yang lain. Karena kulit sepatu dibuat dengan proses kimia, bahan ini dapat mencemari lingkungan. Limbah kulit sepatu merupakan limbah lama terurai sehingga dapat membahayakan lingkungan setempat, menjadi polusi tanah, polusi air maupun polusi udara. Gejala tersebut dapat terlihat di beberapa ruas jalan di jalan terusan cibaduyut.
Salah satu solusi penenggulangan limbah kulit ini adalah dengan cara daur ulang. Serpihan serpihan kulit (yang cukup besar) biasanya dikumpulkan untuk dijual dan diolah kembali menjadi berbagai produk kreatif. Limbah kulit ini dapat diolah menjadi produk daur ulang sesuai dengan ukuran serpihannya. Berikut contoh produk daur ulang limbah kulit sepatu sesuai dengan ukuran serpihannya, diantaranya sebagai berikut: Sandal dan sepatu, Tas dan dompet, topi, sabuk, tempat HP, aneka asesoris gantungan kunci bentuk miniatur sandal, sepatu, tas, jaket. Dilihat dari biaya bahan dasar produk-produk daur ulang di atas, asesoris gantungan kunci merupakan produk daur ulang yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Berbeda bengan produk daur ulang lainya, bahan aksesoris kulit sepatu tidak membutuhkan bahan yang terlalu lebar dan pembuatannya pun relatif mudah. Hanya dengan mengunakan bahan dasar limbah kulit sepatu yang biasa dijual kisaran Rp. 5.000,00-Rp. 15.000,00 per Kg, satu unit produk dapat dijual dengan kisaran harga Rp. 2.000,00-10.000,00 sesuai dengan jenis dan ukuran produknya.
Walaupun modal yang dibutuhkan ringan, produk ini dapat dipasarkan dengan keuntungan yang cukup besar. Gantungan kunci dengan bahan darar kulit sudah banyak dikenal di banyak kalangan. Bentuknya yang mungil dan menarik membuatnya sering dibeli oleh pelanggan dalam jumlah yang besar sebagai souvenir untuk berbagai acara besar (seperti ucapan terima kasih pada resepsi pernikahan, bagian dari seminarkit suatu seminar, dan lain-lain) ataupun dibeli sebagai koleksi perseorangan.
Dari uraian di atas, apabila bisnis daur ulang ini tetap berjalan maka adanya peluang bisnis dalam bidang pengolahan limbah kulit sepatu, khususnya di daerah pengamatan (jalan Terusan Cibaduyut, Desa Cangkuang Kulon), sehingga akan di dapat dua keuntungan, yaitu berkurangnya pencemaran limbah sepatu pada lingkungan dan akan menghasilkan produk menarik yang dapat dijual dengan harga bersaing dipasaran serta diminati banyak kalangan. Keuntungan ini bukan saja akan diproleh masyarakat desa tetapi para distributor barang yang bergerak dalam bidang penyediaan barang sivenir dapat pula diuntungkan dengan hadirnya produk dengan kualitas tinggi (seperti sepatu cibaduyut) dan harga yang relatif lebih bersahabat.

2.7  Waktu dijulukinya Cibaduyut sebagai penghasil sepatu kulit
Pusat sepatu dan tas Cibaduyut disebut-sebut sebagai pusat penjualan sepatu yang terpanjang di yang cukup terkenal di Indonesia. Bahkan beberapa khas Cibaduyut adalah sebuah daerah dunia. Pertama kali diresmikan pada tahun 1989 oleh Presiden Soeharto dan langsung dijadikan sebagai daerah tujuan wisata sebagai penghasil sepatu kulit. Sampai-sampai Cibaduyut dikenal sebagai sentra kerajinan tangan di sekiar kota Bandung bagian selatan. Daerah ini terkenal dengan kerajinan sepatunya. Hasil produksi sepatunya biasanya dipasarkan langsung di pinggiran jalan Cibaduyut Raya dengan banyaknya kios dan toko sepatu. Sedangkan produksinya ada di gang-gang belakang jalan Cibaduyut. Untuk mencapai kawasan industri sil kerajinannya seperti sepatu dan tas ada yang diekspor.

2.8 Jenis-jenis sepatu kulit yang dijual di Cibaduyut
Kulit adalah materi "diciptakan melalui penyamakan kulit, bulu dan kulit dari hewan, terutama sapi." Sepatu Kulit Cibaduyut  dan sepatu adalah dua item yang sangat umum yang terbuat dari kulit. Sulit untuk menolak sepasang Sepatu Kulit Cibaduyut , terlepas dari apakah Anda seorang pria atau wanita. Kulit asli tahan lama, berkelas, nyaman dan biasanya mahal tapi worth harga karena sepasang baik membuat Sepatu Kulit Cibaduyut  dapat bertahan selama bertahun-tahun seseorang.
Kulit dijual dalam tiga bentuk, ini kulit gandum yang penuh, dikoreksi kulit gandum dan digugat. Kulit gandum penuh adalah kulit alami yang terbuat dari yang terbaik dari semua bahan baku dan kasus ini hanya rambut telah diambil sementara kulit itu dibiarkan bersih dan alami. Ada berbagai bentuk kulit dan ini termasuk kulit samak nabati, kulit kecokelatan tawas (alum aluminium artinya), kulit mentah, kulit rebus dan kulit samak krom. Untuk sepatu pria gaun berarti Sepatu Kulit Cibaduyut  dan oxfords berarti. Oxfords pria datang dalam berbagai gaya dan ini termasuk oxfords dicampur terbuka (atau sepatu bot), oxfords bertali dekat (atau Balmorals), "pelana" oxfords, "kiltie" oxfords, dan "sayap" oxfords.
Oxfords adalah sepatu pria yang renda dan tidak muncul lebih jauh dari pergelangan kaki. Oxfords Blucher terbuka sepatu bertali kulit yang memiliki sisi sepatu dijahit pada bagian depan (atas tepatnya). Oxfords kulit Balmoral adalah sepatu bertali dekat di mana tali yang dijahit dalam cara yang sangat unik di bawah bagian depan oxford dan kemudian tali menutupi lidah. Hasil akhirnya adalah sepatu, mulus ramping yang memiliki penampilan yang dibangun dari hanya satu bagian dari kulit.
"Saddle" oxfords, seperti namanya memiliki sepotong kulit pada mereka yang adalah bentuk pelana, sadel menjadi jenis kulit yang berbeda atau warna dari sisa sepatu.
Tipe lain dari sepatu oxford disebut, sebagai "kilties" yang mewah dalam desain mereka dengan lidah kulit berumbai yang datang atas punggung kaki sepatu dan mencakup kedua lubang tali dan tali.
Sejauh ini merupakan jenis yang paling populer dari sepatu oxford adalah "sayap." Ini sepasang sepatu pria modis ini mendapatkan namanya karena brogueing kaki (atau bordir kulit) terlihat banyak seperti penyebaran sayap burung.
Berbagai gaya oxford memberikan banyak pria pilihan saat berbelanja untuk sepatu bisnis. Beberapa termasuk bagian yang terpisah dari kulit yang dapat ditemukan di ujung sepatu (atau "toe cap"). Kadang-kadang ini sepotong kulit adalah kali polos dan lainnya itu dihiasi dengan bordir kulit (juga disempurnakan sebagai brogueing).
Sepatu Kulit Cibaduyut  asli merupakan satu-satunya cara untuk pergi jika Anda berada di pasar untuk sepasang oxfords. Dan hitam adalah warna untuk pergi dengan karena semua kulit hitam oxford sepatu gaya, terlepas dari gaya finish kulit atau desain struktural akan melengkapi pakaian bisnis. Yang paling formal sepatu semua pria adalah kulit hitam oxfords dicampur dekat (Balmorals). Tidak akan ditolak karena mereka, oxfords kulit terbuka bertali baik dalam coklat atau oxblood tampak hebat ketika dipasangkan dengan setelan ringan dan mantel olahraga dan bahkan lebih santai, pakaian kasual seperti jeans dan celana kaki.
Selain itu, produk sepatu unggulan di Cibaduyut adalah  sepatu gunung merek catenzo ini cocok untuk anda, sepatu gunung yang di buat di daerah cibaduyut bandung ini memiliki model yang bervarisasi ada yang berwaran coklat polos seperti Sepatu gunung Catenzo DO 023, ada yang berwarna hitam polos seperti Catenzo Do 021, ada juga yang berwarna abu-abu polos Seperti Catenzo Do RR 005,  selain yang berwarna polos sepatu gunung Catenzo juga ada yang menggunakan dua waran kombinasi seperti warna Krim dengan warna coklat yang ada pada sepatu gunung catenzo tipe RR 008, kombinasi antara hitam dengan abu-abu seoerti pada sepatu gunung Catenzo RR 003, Kombinasi warna antara hitam dengan coklat seperti pada sepatu gunung Catenzo RR 009, dan ada juga kombinasi antara hitam dengan hijau tua seperti pada sepatu gunung catenzo RR 002.
Semua Model sepatu gunung merek Catenzo buatan Cibaduyut ini dijual dengan harga yang sangat murah, seperti Sepatu Gunung Catenzo RR 005 yang memiliki warna abu-abu polos ini dijual dengan harga hanya Rp. 180.000 (Seratus Delapan Puluh Ribu Rupiah) saja, dan Sepatu Gunung Catenzo Tipe RR 008, RR 003, dan RR 002 cuma dijual Seharga Rp. 243.000 (Dua Ratus Empat Puluh Tiga Ribu Rupiah) saja. Catenzo Tipe Do 021 dijual dengan harga Rp.249.000 (Dua Ratus Empat Puluh Sembilan Ribu Rupiah) sedangkan Catenzo RR 009 dan Do 023 dijual dengan harga Rp. 259.000 saja




BAB III
PEMBAHASAN
1.1  Keistimewaan Cibaduyut
       Keistimewaan Cibaduyut adalah bagi anda yang ingin membeli sepatu dengan model yang anda inginkan, anda bisa melakukan pemesanan. Harganya bervariasi, mulai dari puluhan ribu saja sampai ratusan ribum rupiah, harganya juga bisa ditawar, dengan kualitas yang bagus juga. Karena memiliki kualitas yang terjamin, produk dari Cibaduyut sangat terkenal hingga ke Asia.
 Selain itu, Keistimewaan dari Cibaduyut adalah  Cibaduyut memiliki letak yang sangat strategis karena berada diantara jalur masuk dan keluar kota Bandung. Sehingga membuat wisatawan lebih banyak berkunjung ke Cibaduyut. Selain itu, keunikan yang ada jika Anda berbelanja sepatu di Cibaduyut adalah disini anda akan menemukan merek sepatu yang menggunakan nama mantan wakil Presiden Indonesia yaitu JK Collection Shoes. Pemilik dari JK Collection, Adeng Sugianto, mengakui memiliki ide menggunakan nama beliau setelah beliau mengunjungi Cibaduyut. Adeng mengakui bahwa saat itu Pak JK mampir ke tokonya dan membeli sepatu buatannya. Adeng juga sudah meminta ijin beliau untuk menggunkan namanya sebagai merek sepatunya. Bahkan kawasan Cibaduyut dikenal sebagai deretan toko sepatu terpanjang di Asia.
  Kelebihan pembuatan sepatu di sekitar jalan Terusan Cibaduyut adalah para pengrajinnya berani menjamin kualitas produknya. Jika terjadi kesalahan dalam produknya (ataupun rusak), produk dapat dikembalikan untuk diperbaiki. Selain itu jenis maupun banyak sepatu yang dipesan ditentukan oleh pemesan sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan. Kualitas yang baik dan keahlian pengrajin mem-produk berbagai jenis sepatu merupakan strategi usaha untuk bertahan menghadapi produk-produk saingannya.

1.2  Waktu dijulukinya Cibaduyut sebagai penghasil sepatu kulit
Pusat sepatu dan tas Cibaduyut disebut-sebut sebagai pusat penjualan sepatu yang terpanjang di yang cukup terkenal di Indonesia. Bahkan beberapa khas Cibaduyut adalah sebuah daerah dunia. Pertama kali diresmikan pada tahun 1989 oleh Presiden Soeharto dan langsung dijadikan sebagai daerah tujuan wisata sebagai penghasil sepatu kulit. Sampai-sampai Cibaduyut dikenal sebagai sentra kerajinan tangan di sekiar kota Bandung bagian selatan. Daerah ini terkenal dengan kerajinan sepatunya. Hasil produksi sepatunya biasanya dipasarkan langsung di pinggiran jalan Cibaduyut Raya dengan banyaknya kios dan toko sepatu. Sedangkan produksinya ada di gang-gang belakang jalan Cibaduyut. Untuk mencapai kawasan industri sil kerajinannya seperti sepatu dan tas ada yang diekspor.

1.3  Pengaruh Cibaduyut bagi masyarakat Bandung
       Pengaruh pusat perbelanjaan Cibaduyut bagi masyarakat Bandung adalah dengan meningkatnya kunjungan ke Bandung pada hari libur apalagi hari libur panjang. Dimana sebagian besar menggunaan kendaraan pribadi pada gilirannya, hal itu sangat besar pengaruhnya terhadap kota Bandung, baik terhadap aktivitas bisnis dan ekonomi penduduknya maupun terhadap pengaruh lain yang mengikutinya. Dalam keadaan sulit, seorang bisa salah langkah sehingga nasibnya terpuruk. Tetapi juga bisa sebaliknya. Kesulitan telah melahirkan ide baru sehingga aktivitas usaha yang sebelumnya tidak terpikirkan. Siapa sangka pakaian jadi yang menumpuk di gudang karena tidak jadi di ekspor, ternyata masih memiliki nilai ekonomi dan menjadi ladang baru, bahkan berkat pakaian jadi yang dinamakan sisa ekspor itu.
Bandung yang sejak zaman penjajahan Belanda dikenal kota Tajen. Kini menjadi kota FO dan jalan pun bebas dari hambatan macet tersebut pada kenyataannya telah mendorong kecendrungan sebagian masyarakat memilih roda transportasi yakni dari semua menggunakan transportasi jalan baja (kereta api) beralih menjadi transportasi jalan raya. Terjadi perubahan kecendrungan ini bukan hanya berpengaruh terhadap jumlah penumpang kereta api itu semua sangat berpengaruh pada masyarakat Bandung dengan dihubungkannya jalan tol, sehingga waktu tempuh bisa separuhnya. Bahkan dengan kendaraan pribadi waktu tempuh Jakarta-Bandung atau sebaliknya hanya dua jam, itu semua sangat berpengaruh bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Bandung.
             Selain sepatukulit, di Cibaduyut juga menjual assesoris seperti tas, dompet. Harganya pun sangat terjangkau. Oleh karena itu banyak sekali pengaruh bagi masyarakat Bandung karena dapat mengurangi angka pengangguran pada masyarkat Bandung. Untuk menuju ke Cibaduyut tidak sulit. Ditandai dengan patung sepatu yang besar di depat prapatan sebelum memasuki jalan Cibaduyut Bandung, karena Bandung dengan adanya patung sepatu memudahkan untuk para pengunjung untuk bisa sampai ke Cibaduyut Bandung, karena patung sepatu merupakan lambang atau ciri khas dari jalan Cibaduyut dan patung sepatu satu-satunya yang ada di kota Bandung. Patung sepatu Cibaduyut merupakan akses pintu masuk menuju dari jalan Cibaduyut Bandung, sehingga dapat memudahkan parawisataawan dan masyarakat Bandung.





















BAB IV
                                             KESIMPULAN DAN SARAN          
4.1 Kesimpulan
             Pusat perbelanjaan sepatu Cibaduyut adalah pasar penjualan sepatu terpanjang di dunia. Lokasi tersebut merupakan sentra penjualan sepatu hasil kreasi para pengrajin yang ilmu pembuatannya didapat secara turun-menurun. Pada tahun 1989, Pemerintah RI meresmikan Cibaduyut ini sebagai daerah tujuan wisata. Di Cibaduyut, terdapat berbagai macam barang kulit tidak hanya sepatu, tetapi juga tas, jaket, dan berbagai barang souvenir lainnya. Harga jual barang-barang di Cibaduyut ini sangat kompetitif,
 tetapi barangnya punya kualitas yang baik.

4.2 Saran
    Kita sebagai masyarakat Indonesia harus mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri yang sangat mudah didapatkan seperti di Cibaduyut yang menjual berbagai macam kerajinan tangan seperti sepatu kulit, tas, dompet. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus bangga karena sampai saat ini kita masih dapat menggunakan produk-produk dalam negeri. Selain itu juga, kita dapat memperkenalkan produk-produk Indonesia ke negara-negara lain. Oleh sebab itu, kita harus menjaga dan melestarikan produk-produk Indonesia.








                                                    DAFTAR PUSTAKA        














Tidak ada komentar:

Posting Komentar